new,..!!

Selasa, 15 Mei 2012

KOMPONEN dan HARDWARE KOMPUTER
A.      CASSING
Casing dapat diibaratkan sebagai bangunan atau rumah, dari sebuah computer sehinga kekuatan dan keindahan sebuah computer secara fisik teletak pada cassing sebuah pc. Pada casing pc bisanya terdapat power supply, fan dan kabel indicator beserta sakelar atau tombo pawer dan reset. permasalaan yang sering terjadi pada case computer adalah debu yang yang sering terbawa oleh fan cassing computer itu sendiri atau sarang seranggga kotoran tersebut selain menggau keindahan juga berdampak jelek pada fan dan komponen lain pada motherboard sehingga perlu di lakukan pembersihan secara rutin. Alat yang di gunakan untuk membersihakan case computer cukup dengan kuas atau dengan penyedot debu mini. untuk bagian sudut terutaam bagian depan perlu di perhatikan pengkabelan yang mudah lepas akibat hentakan terutama pada bagian belakang yang perlu di bersihkan adalah bagian ventilasi atau tempat fan karena disinilah debu semua berkumpul akibat hembusan angin yang di bawa oleh fan.
Fungsi
1.      Tempat meletakkan komponen hardware, misalnya power supply, motherboard, floppy disk, CD-Rom, DVD-Rom.
2.      Penentu kinerja sistemkarena berkaitan dengan suhu yang dihasilkan oleh komponen hardware.
3.      Pendukung tampilan computer. Jika casing memiliki desain yang menarik, seseorang akan lebih senang dan bersemangat untuk bekerja dengan computer.

A.      CD-ROOM dan CD-RW

CD-ROOM dan CD-RW merupakan alat yang digunakan saat ini untuk membaca dan menulis data ke CD. Cd-room dan cd-rw merupakan komponen yang sangat murah di bandikngkan  dengan data yang di simpannya. Masalah yang seringmenggangu pada cd-room dan cd-rw merupakan komponen yang sangat murah di bandingkan dengan data terletak di optic lensanya. Langkah yang digunakan untuk membersihkan optic lensa atau debuatau kotoran lain

B.      HARDDISK
harddisk merupakan komponenyang  penting pada sebuah computer karna sisitem operasi dan semiua programbeserta data-data tersimpan dalam harddisk , harddisk merupakan barang yang mudah rusak, untuk melakukan perawatan di lakukuan dari sisi hardware atau sotware.                                                         Untuk perawatan harddisk dari sisi hardware, perlu di tambahkan sebuah fan untuk mengurangi panas pada harddisk, fan ini dapat di rekomendasikan untuk harddisk dengan kecepatan7200 rpm ke atas.selain itu perlu di perhatikan pengaturan kabel data agar sirkulasi udara dapat berjalan lancar.                                                                   Untuk perawatan dari sisi software cukup dengan tool-tool yang telah tesedia ketika menginstal system operasi, tool tersebut meliputi scandisk, dan disk dirakmenter. Selain tool tersebut juga terdapat tool yang digunakan untuk melakukan konfigurasi ulang pada harddisk meliputi pengaturan head, eye lender dan sector low pawer format, merupakan format dari segi fisik. Untuk masing-masing merek harddisk memiliki program yang tersendiri  untuk low lever format, untuk merek seagete menggunakan SGATFMTA, Quantum menggunakan zerrofil arazdisk, Maxtor denagn mud, dan dan untuk westrn digital dengan wd diag.                                                 scandisk adalah data yang di gukan untuk memeriksa sruktur file system, table lokasi (file allocation table) dan dapat mengetahiu ada tidaknya had sector. Scandisk akan berjalan dengan otomatis setiap start jika computer  tidak di matikan dengan benar atau terjadi kegagalan listrik.                                                                                                                Disk diafragmenter adalah tool yang di gunakan untuk mengatur sruktur atau tata letak file sehingga akan mengurangi fragmntasi sebuah space harddisk. Disk diafrag menter perlu di lakukan secara berkala hal ini akan meningkatkan pemformatan system dengan raung harddisk.
C.      VGA card
Vga card atau sering di sebut display adapter adalah komponen computer yang di fungsikan untuk mengolah grafik untuk di tampilkan ke dalam layar monitor.  Masalah yang sring timbul di VGA card adalh poros yang berlebihan perlu di perhatikan heatsink dan fannya  sebagai perawatanya perlu di lakukan pembersihan debu atau kotoran lain untuk membersihkan fan  dan heatsink cukup di lap dengan kuas kecil karna fan pada VGA card juga kecil , sehingga harus sesuai dengan ukuran fannya selain itu juga VGA card juga  sering bermasalah ini bersumber pada fanyang tidak kencang atau putaran fan yang tidak stabil, selain itu juga dapat disebabkan dudukan fan yang tidak kuat sehingga tidak dapat menupang fan dengan baik, untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan membersihkan, dan dan mengencangkan posisi fan dengan tepat dengan posisinya.
D.      MEMORY
RAM merupakan sebuah komponen primer dalam sebuah computer, ram brtindak sebagai media penyimpanan sementara pada system, kecilnya kapasitas ram tergantung pada kebutuhan sistem yang akan di gunakan oleh program semakin besar kapasitas ram maka akan semakin cepat dan stabil program tersebut di jalankan,  ram bermacam macam jenis nya diantaranya yang masi beredar adalah : edo ram (mulai di temiui di computer lama), SDRAM, DDR, dan RD-RAM.                                                                                                                                                     Antara jeis-jenis tersebut benda bentuk dan fisik nya dan slot pada motherboard nya ram perlu di beri perawatan agaer selalu bekerja dengan optimal, gangguan pada ram terletak pada connector atau kaki-kakinya dimana jika ram sering di lepasdan tersentuh oleh tangan dapat menyebabkan krosi bahkan dapat rusak akibat listrik statis, untuk membersihkan ram dari krosi akibat sentuhan tangan dapat dilakukan dengan menggunakan cairan pembersih atau cukup dengan karet penghapus dengan cara menggoskkan pada kaki ram.selain itu juga perlu di perhatikan pemasangan pada slot RAM, perlu di pastokan ram tertancapdengan sempurna karena jika tidak, maka selain ram tidak terdeteksi oleh system juga mengakibatkan kerusakan RAM.

E.       POWER SUPPLY
pawer supply merupakan jantung dari sebuah komputer  karena sumber daya arus komputer berasal dari power supply , power supply berfungsi untuk mengubah arus ac menjadi arus dc untuk didistribusikan ke berbagai macam komponen. Daya power supply berkisa 1500 watt sampai denga 3500 watt. untuk daya 1500 watt sudah jarang dijumpai karena hanya di gunakan untuk komputer yang sederhana yang tidak banyak komponen tambahan sedangkan dalam sebuah komputer beberapa banyak komponen misalnya: CD-ROOM, CD-RW, dan banyak mengguankan harddisk yang di rekomendasikan menggunakan pawer supply 300 watt atau lebih besar.                                                                                                                                                                                                                            perawatan yang perlu di lakukan untuk merawat power supply adalah dengan memperhatikan kelancaran fan pada pawer supply. Karna fan inilah yang mampu mengurangipada pawer supply selain itu perlu di tambahkan alat yang sering di sebut stabilizer teganagn, karena dengan alat ini akan meringan kan kerja dari pawer supply selain itu perlu perlu di tambah kn sebuah alat yang sering di sebut stabilizer sehingga akan mengurangi panas yang sering di keluarkan oleh power supply.
F.       CPU (central processing unit)
Komponen ini merupakn otak dari computer, kecepatan dan kecerdasan prosessor tergantung dari kecepatannya (dalam satuan hz) kecepatan processor sangat berkembang dengan ceapt sampai saat ini sudah mencapai                                                                                               prosessor memerlukan pendingin sangat ekstra pendingin, prosessor merupakan komponen yang paling panas sehingga perlu di monitor setiap saat untuk perawatan dapat berputar dengan lacar kemudian perlu di pilih prosessor dengan putaran yang tinggi minimal 5400 rpm, dan juga perlu di pilih heatsink dengan bahan pengantar pana yang baik seperti tembaga dan aluminiumjika sering melepas prosessor janagn lupa selau mengoles cilikon grase agar penghantar panas lebih lancar. 

                                                                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar